Cara menghindari kesalahan yang biasa terjadi pada desain blog


Blog tidak akan berhenti berkembang. Kemudahan pemakaian dan kemampuan dari blog untik semua orang, dimana saja di dunia untuk menjadi penulis akan membawa atmosfir blogosphere tetap ada.

Bagaimanapun, hanya karena seseorang bisa menulis dan menerbitkan posting di blog mereka bukan berarti blog mereka akan terlihat bagus dan pemilik blog tersebut tahu seluk beluk dari desain blog yang bagus. Jadi artikel hari ini saya akan berdiskusi tentang kesalahan desain blog yang biasa terjadi dan saya akan menunjukkan cara memperbaikinya langkah demi langkah.

Mengacuhkan kotak pencarian

Ini adalah salah satu kesalahan utama yang saya dapati pada blog seorang desainer. Mereka membuat sesuatu yang secara visual sangatlah menarik dan membuat galeri CSS dan posting showcase di Internet tetapi mereka gagal untuk mengrealisasikan cara untuk mencari konten tertentu dengan mudah dan jelas di blog mereka. Banyak pengguna internet tidak seperti kita para desainer dan akan merasa tersesat tanpa kotak pencari, dan hal itu menjadi hal kecil namun kuat dalam sebuah bagian desain, tidak ada alasan sehingga anda patut mengacuhkannya.

Bagaimana cara memperbaikinya?

Cari tempat di pojok kanan atas dari desain tersebut untuk meletakkan kotak pencari. Ini adalah tempat dimana banyak kotak pencari dimunculkan di website dan tempat pertama dimana orang – orang akan melihatnya. Pindah kotak pencari yang ada di header website tersebut ke sidebar di samping.

Memasang iklan yang berlebihan

Kesalahan biasa lainnya adalah saya mendapati banyak orang yang baru memiliki blog. Mereka memulai ngeblog (biasanya tentang cara bagaimana menghasilkan uang dengan blogging) dan mereka terlalu keras mencari uang melalui blog mereka dengan memeasang 10+ iklan didalam halaman pertama pada hari pertama blog itu dibuka. Konten anda harus menjadi fokus utama, bukan iklan dan harapan anda untuk menghasilkan uang dari blog itu.

Cara memperbaikinya

Build trust and loyalty in the beginning stages of your blog. In the long run, you’ll notice that this will pay off 100X more than just placing ads everywhere. If you do have to place ads on your site, stick to 1-2 spaces at most and try to make those spaces unobtrusive – a 468×60 ad after the first post of every page, 125×125 ad block (with a max of 4 ads) or a 300×250 ad block.

Bangun kepercayaan dan kesetiaan di masa awal blog anda. Dalam jangka yang panjang, anda akan menemukan bahwa hal tersebut akan membayar 100x lebih banyak daripada hanya menempatkan iklan dimana – mana. Jika anda punya tempat khusus iklan di blog anda, berika 1 – 2 spasi dan pasang iklan dengan ukuran yang tidak menganggu seperti iklan 468×60 diakhir setiap posting, iklan 125×125 (maks. 4 iklan) atau 300×250.

Sulit untuk mencari navigasi suatu blog

Salah satu masalah besar yang terjadi pada blog adalah navigasi yang tersembunyi. Kenapa saya harus mencari diantara beberapa iklan google dan link afiliasi sebelum saya menemukan list kategori blog anda? Kenapa sangatlah sulit mencari topik yang anda tulis di bagian kanan atas dari website anda? Beberapa blog yang saya datangi menempatkan halaman, kategori dan navigasi di bagian footer – hmmm Big Mistake!

Bagaimana cara memperbaikinya?

Letakkan tepat diatas header anda atau tepat dibawah header anda, menambahkan bar yang menunjukkan showcase navigasi website anda. Jika anda tidak ingin hal tersebut menjadi poin dominan website tersebut, baiklah, tetapi paling tidak berikan item navigasi normal yang orang – orang cari mungkin halaman home, contact, topic, atau yang lainnya.

Tidak menampilkan informasi penulis

Jika anda menjalankan blog dengan penulis yg lebih dari satu, maka anda ahrus memastikan hal ini kedalam hal yang harus dilakukan pada desain anda. Ketika saya mengunjungi berbagai blog (lagi? :-D ) saya melihat konten yang saya suka, dan saya ingin membaca artikel tsb. dengan mudah dengan melihat artikel yang ditulis oleh author tersebut – tapi saya terkejut, pemilik blog tersebut tidak peduli dan tidak menunjukkan siapa penulis atau dimana saya bisa menemukan hal tentang mereka dan apa yang telah mereka tulis.

Cara memperbaikinya

Ada banyak cara anda memberikan kredit kepada penulis anda dan menunjukkan beberapa artikel yang telah mereka tulis. Meletakkan kotak author di akhir artikel adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Sebuah avatar, nama dan penjelasan singkat dengan link menuju artikel lainnya atau website pribadi mereka adalah cara yang bagus untuk memberikan eksposur yang seharusnya mereka dapat.

Tidak menampilkan posting yang paling populer

Ini adalah sesuatu yang saya dapati dengan banyak blog yang sudah tua dan memiliki arsip selama lebih dari 6 bulan. Mereka menulis konten yang menarik dan menerbitkannya setiap hari, namun ada satu masalah terlalu banyak konten yang harus dijelajahi untuk mencari konten yang bagus. Kotak pencari membantu dan halaman arsip bekerja dengan baik, tetapi mereka sepertinya tidak memberikan konten terbaik dimana dibutuhkan dengan cepat.

Cara memperbaikinya

Sebuah bagian di sidebar anda untuk tempat artikel yang paling populer adalah tempat yang bagus. Cara lain adalah membuat halaman “Hall of Fame” secara manual dan menambahkan artikel favorit yang telah anda tuliskan. Juga pastikan penulis akan tetap membaca blog anda setelah membaca sebuah artikel dengan menempatkan bagian “related post” diakhir artikel.

Tidak memberikan cara berlangganan blog anda

Banyak blog dengan konten yang baik yang belum anda pernah lihat sebelumnya menimbulkan perasaan yang bagus (buat desainer iya, non desainer hmm  I am not sure :-) ) Anda akan merasa anda baru saja membukan jackpot ilmu pengetahuan dan ingin mengcarikannya sambil anda melihat kenyataan bahwa anda tidak bisa berlangganan RSS mereka. Menjengkelkan pasti, anda harus membuka website mereka setiap hari.

Cara memperbaikinya

Diakhir tiap posting, sebutkan bahwa pembaca anda bisa berlangganan update selanjutnya di blog anda, tambahkan ikon RSS dan kotak sign up lewat e-mail di sidebar/header dari blog anda dan sebutkan RSS feed anda mudah dimengerti. Pembaca anda akan senang dan jumlah yang berlangganan akan meningkat dari sebelumnya.

Ada yang ingin anda tambahkan? atau ingin mengemukakan beberapa sanggahan atau pendapat?


Related posts:

  1. 10 Kesalahan utama Web desainer Saya percaya bahwa anda semua mempunyai banyak pengalaman tentang melihat…
  2. 5 Kesalahan dalam mendesain logo Dengan kekuatan Web, dan lebih banyak mata yang menyaksikan, sangatlah…
  3. Arti dari sebuah RSS Semua orang di industri blogging pasti pernah mendengar kata RSS,…
  4. WARHOLL Magz sebuah Majalah Desain Warholl adalah sebuah majalah desain indonesia yang berbasis di kota…
  5. Pergantian Tema (Lagi?!) Yah saya memutuskan untuk mengganti tema lagi hfffttt. Keputusan yang…

Related posts brought to you by Yet Another Related Posts Plugin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: