Arti dari sebuah RSS


Semua orang di industri blogging pasti pernah mendengar kata RSS, tapi apakah mereka tau fungsi dan arti dari RSS tersebut? Saya yakin banyak yang tidak tahu arti sebenarnya dari RSS tersebut. Mereka hanya melihat alamat yang simpel yang digunakan untuk membaca blog didalam feed reader. Didalam artikel ini saya akan menjelaskan kepada anda arti sebenarnya dari RSS tersebut dan keuntungan menggunakannya.

Arti dari RSS
RSS (singkatan dari Really Simple Syndication) adalah keluarga dari format web feed yang digunakan untuk menerbitkan update isi blog, berita utama, audio, dan video – dalam format yang terstandarisasi. Sebuah dokumen RSS (dimana disebut feed, web feed atau channel) termasuk teks penuh ataupun inti teks artikel tersebut, ditambah meta data yang ada seperti tanggal penerbitan dan penulis.

Penggunaan RSS dalam Blog
Menjalankan blog dan memiliki alamat RSS sangatlah berguna. Mempunyai RSS Feed membuat pembaca anda mendapatkan akses ke konten blog anda tanpa harus mengunjungi blog anda. Mereka berlangganan RSS feed anda melalui sebuah alamat dan membuka feed blog anda dengan feed reader yang mereka suka. Ini membuatnya mudah untuk pembaca untuk menentukan dimana mereka akan mengunjungi dan mengkomentari artikel anda. Yang saya maksudkan adalah pembaca bisa menentukan membuka blog anda atau melihat artikel lain dari blog lain. Saya tahu bahwa saya tidak ingin mengunjungi blog yang berbeda untuk mencari konten apa yang mereka simpan untuk saya dan mereka memiliki artikel yang tidak membuat saya tertarik sama sekali. Mengikuti blog favorit anda melalui sebuah Feed Reader sangatlah mudah dan menyelamatkan waktu anda.

Jumlah Feed Reader yang ada
Ada banyak feed reader yang tersedia untuk mengakses alamat feed yang ada tetapi feed reader yang paling populer adalah berikut ini:

Google Reader
Feed Reader 3
Bloglines
Feed Demon
Netvibes
RSSOwl
Semua reader diatas bisa menangani feed dengan mudah dan mereka sangatlah mudah untuk di install. Secara personal saya lebih memilih Google Reader, karena berhubungan dengan salah satu akun email saya. Anda bebas untuk memilih salah satu diantara mereka kok

Membuat Feed anda terlihat
Sekali anda sudah mendaftarkan alamat feed untuk blog anda pastikan link berlangganan RSS anda terlihat pertama kali untuk pengunjung. Saya merekomendasikan memasang di bagian atas layout blog anda dan diakhir setiap posting. Memiliki feed yang terlihat jelas akan membuat pengunjung kita menyadarinya dan berlangganan. Opsi lainnya adalah menampilkan jumlah subscriber feed anda, hal ini menunjukkan jumlah pengunjung yang berlangganan rss anda. Saya telah menjelajahi dunia internet dan menemukan 5 contoh penggunaan RSS.

Berlangganan dengan Email
Keuntungan lain untuk pembaca anda salah satunya adalah mengirimkan feed anda langsung ke email mereka. Itulah kenapa memiliki opsi berlangganan melalui email pada halaman depan anda sangatlah berguna. Anda akan terkejut mengetahui berapa banyak sebenarnya orang yang berlangganan melalui email. Jika anda belum memiliki subscription melalui email sekarang. Pergilah ke halaman depan Feedburner dan klik Publicize lalu pilih Email Subscription. Ikuti instruksi di halaman tersebut dan aktifkan servis email subscription anda sekarang. Gunakan halaman Sign Up yang disediakan dan pasang ke blog anda.

Sekarang . . .
Anda telah mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penggunaan RSS feed kedalam blog anda? Pertanyaan saya adalah, sudahkah anda melakukannya pada blog anda?

Related posts:

Chrome Extension untuk Desainer Web Btw pada posting ini saya telah mencari dan menjelajahi dunia…
WARHOLL Magz sebuah Majalah Desain Warholl adalah sebuah majalah desain indonesia yang berbasis di kota…
Cara menghindari kesalahan yang biasa terjadi pada desain blog Blog tidak akan berhenti berkembang. Kemudahan pemakaian dan kemampuan dari…
Mengintergrasikan WordPress dengan Facebook Facebook adalah salah satu fenomena web yang telah menakjubkan banyak…
Pergantian Tema (Lagi?!) Yah saya memutuskan untuk mengganti tema lagi hfffttt. Keputusan yang…
Related posts brought to you by Yet Another Related Posts Plugin.

6 responses to this post.

  1. Terima kasih atas penejelasan ttg rss saya termasuk yg belum mengerti karena memang pemula di dunia web

    Reply

  2. trims.. artikelnya bagus.

    Reply

  3. msh agk gk ngerti bro
    maklum saya pemula

    Reply

  4. Posted by bisnisparapemalas on February 23, 2011 at 5:55 am

    saya kok ngak ngerti cara masangnya gimana bos?

    Reply

    • gampang kok… klo kita ingin pasang di blog kita, tinggal klik widget – cari RSS – masukkan alamat website yang ingin kita ambil RSS nya…

      Thank’s

      Reply

Leave a Reply

