Anda menyebut diri anda desainer?


Komputer, Photoshop, Waktu luang. Hal tersebut sepertinya merupakan hal yang diperlukan untuk menyebut diri anda ‘desainer’ beberapa hari ini. Saya percaya bahwa banyak hal yang dibutuhkan untuk menjadi desainer lebih dari komputer, software, dan waktu luang. Desainer harus memiliki kemampuan berpikir yang kritis, mengerti dasar – dasar desain, memiliki pengetahuan tentang sistem grid, tipografi dan lainnya.

Kemampuan berfikir kreatif

Desainer harus bisa berfikir, beralasan, meneliti, dan mem-back up desain mereka. Pemikiran kritis adalah tulang punggung desain tersebut. Pemikiran kritis-lah yang membedakan desainer dengan sepupu klien anda yang berumur 10 tahun dengan Photoshop yang bisa ‘men desain logo dalam waktu 5 menit’. Desain tanpa arti atau konsep hanyalah sebuah dekorasi.

Memahami dasar dari Desain

Keseimbangan, proporsi, ritme, kesatuan, dll. Dasar – dasar desain tersebut membekali desainer dengan alat dasar untuk memproduksi desain yang efektif. Desainer yang baik akan menggunakan dan memanipulasi dasar spesifik untuk mengkomunikasikan pesan mereka.

Tautan

The Principles of Design – A brief intro

Pengetahuan Desain dan Sejarah Seni

Pengetahuan yang luas tentang desain dan sejarah seni memberikan desainer pondasi inspirasi dan referensi tentang solusi desain yang baru dan inovatif. Mendesain tanpa pengetahuan tentang apa yang telah dilakukan sebelumnya sangatlah naif.

Tautan

Book: History of Graphic Design

Tipografi

Tipografi dapat memecah ide, layout, atau desain. Seorang desainer yang baik harus memiliki pengetahuan tentang tipografi dan harus familiar dengan perbedaan kelas dari typefaces dan bagaimana kualitas estetika font tersebut dalam mengkomunikasikan sebuah pesan.

Tautan

Basic Intro to Typography

Pengetahuan tentang sistem Grid

Desainer harus mengenali berbagai tipe sistem grid yang berbeda dan bagaimana mereka dapat membawa organisasi dan struktur kedalam desain. Tanpa sistem grid desain seringkali berakhir dengan kacau.

Tautan

Menggambar & Sketsa

Proses desain seharusnya dimulai dengan mensketsa ide atau mind mapping. Bagaimanapun menggambar biasanya mengurangi waktu dalam proses desain karena mengurangi penggunaan komputer. Terdapat mediasi antara pensil atau bulpen ketika bertemu dengan kertas vs ’sketsa’ didalam komputer. Desainer yang baik SELALU memulai desainnya dengan sebuah sketsa.

Kemampuan berkomunikasi

Satu hal yang terlewat dalam pendidikan desain saya adalah berhubungan dengan orang – orang, lebih spesifiknya klien. Desainer harus bisa dengan jelas mengkomunikasikan desain kita dengan cara dimana klien bisa mengerti tanpa membuat mereka merasa inferior

Tautan

13 Tips for Effective Communication With Clients

Pengetahuan tentang teori warna.

Seorang desainer harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang skema warna, harmonisasi warna, dan apa yang mereka komunikasikan.

Tautan

Etika kerja dan Kesabaran

Desain adalah proses yang tidak terjadi secara instan. Kreatifitas yang biasanya kita anggap mudah kadang – kadang membuat semuanya menjadi susah. Desainer harus mematuhi etika kerja mereka dan kesabaran merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk melihat konsep desain dari revisi hingga hasil akhir.

Kemauan untuk belajar

Lapangan desain selalu berubah dan berkembang. Teknologi di update harian untuk mendorong desainer untuk membuat solusi inovatif untuk medium yang baru. Desainer harus memiliki kemauan untuk menjaga kemampuan mereka tetap tajam di setiap waktu seperti mendorong diri sendiri untuk belejar kemampuan baru, software baru dan teknik baru

What do u think?

Bagaimana menurut anda definisi tentang desainer itu? kemukakan pendapat anda disini!

Related posts:

  1. Cara menghindari kesalahan yang biasa terjadi pada desain blog Blog tidak akan berhenti berkembang. Kemudahan pemakaian dan kemampuan dari…
  2. 10 Kesalahan utama Web desainer Saya percaya bahwa anda semua mempunyai banyak pengalaman tentang melihat…
  3. Chrome Extension untuk Desainer Web Btw pada posting ini saya telah mencari dan menjelajahi dunia…
  4. 5 Kesalahan dalam mendesain logo Dengan kekuatan Web, dan lebih banyak mata yang menyaksikan, sangatlah…

Related posts brought to you by Yet Another Related Posts Plugin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: