Selamatkan Diri Anda dari ‘Spyware’ Dengan ‘System Restore’


Tidak perduli seberapa waspadanya Anda, Anda mungkin suatu pagi bangun dan menemukan PC Anda penuh dengan iklan pop-up dan browser Anda dibajak oleh spyware. Windows System Restore yang ada di Windows XP, menawarkan cara yang cepat dan mudah untuk melenyapkan serangan spyware semacam ini.

Caranya:
– Untuk mengakses System Restore, klik “Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore”. Jika System Restore Anda telah aktif sebelumnya, Anda akan diberi tampilan kalender yang menunjukkan restore point yang tersedia. Jika tidak ada, Anda dapat memilih untuk membuat baru sebelum Anda melakukan install aplikasi baru.

– Jika anda sudah pernah menggunakan System Restore dan tiba-tiba curiga Anda secara tidak sengaja telah download sebuah spyware, cukup pilih restore point terakhir yang sudah tersimpan dimana Anda yakin restore point itu telah dibuat sebelum serangan spyware mulai muncul. Yang perlu diingat, hal ini akan membatalkan semua perubahan yang telah terjadi pada sistem Anda, termasuk semua update program, meskipun ini tidak akan menghapus dokumen yang Anda buat sejak restore point itu dibuat. Anda selalu bisa untuk mencoba lagi dengan restore point yang sebelumnya jika masih gagal.

– Begitu Anda sukses membuang spyware dan mengembalikan sistem Anda hingga dapat berjalan dengan normal kembali, Anda dapat menghapus restore point yang tersimpan sehingga tidak akan timbul resiko jika suatu ketika Anda secara tidak sengaja salah menggunakan System Restore dan melakukan reinstall kembali spyware-nya. Untuk melakukan ini, klik kanan di icon My Computer di desktop Anda, klik pada tab System Restore, klik check box di sebelah tulisan “Turn off System Restore on all drives” dan klik “OK”. Ulangi kembali langkah-langkah di atas, lakukan uncheck agar System Restore kembali aktif.

– Jika Anda akan download program yang terlihat mencurigakan dan Anda tidak ingin System Restore selalu aktif secara otomatis(karena akan sedikit memperberat kerja sistem), cukup buat sebuah restore point sebelum melakukan install. Klik “Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore”, dan kemudian pilih “Create a restore point”. Ikuti petunjuknya dan Anda dapat melakukan install tanpa rasa kuatir. Jika sesuatu yang tidak benar tiba-tiba terjadi atau setelah beberapa hari kemudian, cukup kembali ke restore point yang sudah Anda buat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: